Migrasi Bash Shell ke Fish Shell

Fish Shell Logo

Setelah 4 hari tidak ada koneksi internet yang memadai dan untuk mencoba kestabilan internetnya setelah diperbaiki, langsung aja semalaman update Manjaro. Dan ya, KDE Plasma updatenya bikin seger dan jiwa ingin merubahnya pun ada. Terus teringat perkataan teman, katanya dia pakai Fish Shell sekarang akhirnya tergoda juga migrasi Bash Shell ke Fish Shell. Sebelumnya sudah pernah pakai ZSH Shell, tapi makin kesini males konfigurasinya sehingga pakai Bash sajalah. Teman satunya bilang, Bash lebih cepet daripada Shell yang lainnya.

Fish Shell

Apa itu Fish Shell? seperti yang tertera pada dokumentasinya, Fish Shell adalah sebuah Shell Unix yang interaktif dan ramah bagi pemula. Yang menjadi kelebihan Fish Shell adalah syntax highlighting, autosuggestion, tab completion, tanpa konfigurasi yang ribet dan mudah penggunaanya. Hampir sama dengan ZSH tapi belum ketemu perbedaannya. Kalau Bash Shell, syntax highlighting perlu memasang Oh-My-Bash baru bisa. Dan ya, Fish Shell ini juga bisa juga Windows dan Mac kalau mau coba.

Memasang Fish Shell

Untuk memasang Fish Shell cukup mudah, tinggal menjalankan perintah pada terminal favorit kalian:

Debian dan Ubuntu

sudo apt-get install fish

Arch Linux

sudo pacman-S fish

Fedora

dnf install fish

MacOS

brew install fish

Windows

Kalau pakai Cygwin bisa memilih pada bagian setup kategori Shell sedangkan WSL bisa menggunakan distro WSL yang digunakan.

Migrasi Bash Shell ke Fish Shell

Sebelum yakin pindah ke Fish Shell, bisa mencobanya dulu dengan menjalankan perintah:

fish

Tetapi juga sudah yakin migrasi Bash Shell ke Fish Shell langsung saja:

chsh -s /usr/bin/fish

Fish Shell

Dan akhirnya selesai sudah migrasi Bash Shell ke Fish Shell.

Konfigurasi

Inilah yang sedikit unik dari Fish Shell, untuk konfigurasi Fish Shell coba jalankan perintah:

fish_config

Akan membuka browser dan menampilkan konfigurasi dasar, seperti tema yang digunakan, fungsi, variabel, history dan sebagainya seperti dibawah ini.

Fish Shell

Fisherman

Biar makin cantik dan mempermudah kebutuhan, kita bisa menambahkan Fisherman. Fisherman ini merupakan salah plugin manager untuk Fish Shell. Untuk memasang Fisherman bisa jalankan:

curl -sL https://git.io/fisher | source && fisher install jorgebucaran/fisher

Untuk install plugins Fish Shell juga cukup mudah dengan Fisherman ini, misal ingin menjalankan Bash Shell pada Fish Shell kita tinggal menjalankan perintah:

fisher install edc/bass

Atau sudah terbiasa dengan fzf untuk fuzzy searchnya bisa memasang fzf dengan perintah:

fisher fzf

Untuk melihat plugin apa saja yang sudah dipasang tinggal menjalankan:

fisher list

Starship

Fish Shell

Yang suka bermain dengan Shell, mungkin sudah tidak asing dengan Starship. Starship ini merupakan cross-shell prompt yang mudah untuk di kustom sehingga memperindah tampilan Terminal. Sebelum memasang Starship, kita harus punya Nerd Font terlebih dahulu. Silahkan kunjungi web Nerd Fonts dan pilih Font yang disukai. Setelah Nerd Fonts terpasang, lanjutkan perintah:

curl -fsSL https://starship.rs/install.sh | bash

Oh ya, karena Starship ini memakai pemrograman Rust, install terlebih dahulu Rust baru jalankan perintah diatas. Setelah Starship selesai dipasang, selanjutnya atur file konfig Fish Shell yang terdapat pada ~/.config/fish/config.fish, lalu tambahkan kode berikut:

# ~/.config/fish/config.fish

starship init fish | source

Saya baru sampai situ untuk bermain-main dengan Fish Shell dan Starship, jika mau lebih lagi bisa mengunjungi Github yang pasti banyak sekali konfigurasi yang bertebaran. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.





Referensi tulisan:

Official Website Fish Shell

Bash To Fish

Starship


comments powered by Disqus